Perkembangan Gerak Tubuh Siswa

MOTORIK / GERAK TUBUH

  • Motorik Kasar : Siswa yang gemar bermain sepak bola, atau olahraga lainnya menandakan Motorik Kasarnya berfungsi dengan baik.
  • Motorik Halus : Siswa yang gemar menulis, menjahit, dan menggambar menandakan motorik halusnya berfungsi dengan baik.
Untuk penjelasan selanjutnya silahkan dibaca ya :D


Perkembangan Motorik Kasar dan Perkembangan Motorik Halus

Perkembangan Motorik Kasar dan Perkembangan Motorik Halus

  1. Perkembangan Motorik Kasar.
Tugas perkembangan jasmani berupa koordinasi gerakan tubuh, seperti berlari, berjinjit, melompat, bergantung, melempar dan menangkap,serta menjaga keseimbangan. Kegiatan ini diperlukan dalam meningkatkan keterampilan koordinasi gerakan motorik kasar. Pada anak usia 4 tahun, anak sangat menyenangi kegiatan fisik yang mengandung bahaya, seperti melompat dari tempat tinggi atau bergantung dengan kepala menggelantung ke bawah. Pada usia 5 atau 6 tahun keinginan untuk melakukan kegiatan berbahaya bertambah. Anak pada masa ini menyenangi kegiatan lomba, seperti balapan sepeda, balapan lari atau kegiatan lainnya yang mengandung bahaya.

  1. Perkembangan Gerakan Motorik Halus.
Perkembangan motorik halus anak taman kanak-kanak ditekankan pada koordinasi gerakan motorik halus dalam hal ini berkaitan dengan kegiatan meletakkan atau memegang suatu objek dengan menggunakan jari tangan. Pada usia 4 tahun koordinasi gerakan motorik halus anak sangat berkembang bahkan hampir sempurna. Walaupun demikian anak usia ini masih mengalami kesulitan dalam menyusun balok-balok menjadi suatu bangunan. Hal ini disebabkan oleh keinginan anak untuk meletakkan balok secara sempurna sehingga kadang-kadang meruntuhkan bangunan itu sendiri. Pada usia 5 atau 6 tahun koordinasi gerakan motorik halus berkembang pesat. Pada masa ini anak telah mampu mengkoordinasikan gerakan visual motorik, seperti mengkoordinasikan gerakan mata dengan tangan, lengan, dan tubuh secara bersamaan,antara lain dapat dilihat pada waktu anak menulis atau menggambar.



  1. Perkembangan Otak dan Susunan Syaraf Pusat.

Perkembangan otak manusia yang sangat pesat terjadi pada masa prenatal dan beberapa bulan setelah kelahiran pada masa sebelum kelahiran diperkirakan 250.000 sel-sel otak terbentuk setiap menit melalui proses pembelahan sel yang disebut mitosis. Setelah lahir sebagian besar sel-sel otak yang berjumlah 100 milyar terbentuk secara matang perkembangan yang dimulai dari atas yaitu kepala dan berlanjut secara teratur ke bagian bawah tubuh. Pada usia 4-5 tahun kepala anak hanyaberukuran seperlima dari ukuran tubuhnya dan pada usia 6 tahun kepada anak memiliki ukuran sepertujuh dari ukuran kepalanya. Pada usia 6 tahun anak telah memiliki proporsi tubuh yang akan mewarnai proporsi tubuhnya di masa dewasa. Secara normal bertambah tinggi badan selama masa kanak-kanak hanya sebanyak 2,5 inchi setahun dan berat badan secara normal hanya bertambah 2,5-3,5 kilogram setahun.

  1. Prinsip-prinsip Perkembangan Fisiologis Anak Usia Taman Kanak-kanak.
Prinsip utama perkembangan fisiologis anak usia dini adalah koordinasi gerakan motorik, baik motorik kasar maupun halus. Pada awal perkembangannya, gerakan motorik anak tidak terkoordinasi dengan baik. Seiring dengan kematangan dan pengalaman anak kemampuan motorik tersebut berkembang dari tidak terkoordinasi dengan baik menjadi terkoordinasi secara baik. Prinsip utama perkembangan motorik adalah kematangan, urutan, motivasi, pengalaman dan latihan atau praktek.

  1. Kematangan syaraf.
Pada waktu anak dilahirkan hanya memiliki otak seberat 2,5% dari berat otak orang dewasaSyaraf-syaraf yang ada di pusat susunan syaraf belum berkembang dan berfungsi sesuai perkembangannya. Sejalan dengan perkembangan fisik dan usia anak, syaraf-syaraf yang berfungsi mengontrol gerakan motorik mengalami prosesneurogical maturation.Pada anak usia 5 tahun syaraf-syaraf yang berfungsi mengontrol gerakan motorik sudah mencapai kematangannya dan menstimuasi berbagai kegiata motorik yang dilakukan anak secara luas. Otot besar yang mengontrol gerakan motorik kasar seperti berjalan,berlari, melompat dan berlutut, berkembang lebih cepat apabila dibandingkan dengan otot halus yang mengontrol kegiatan motorik halus, diantaranya menggunakan jari-jari tangan untuk menyusun puzzle, memegang gunting atau memegang pensil. Pada waktu bersamaan persepsi visual motorik anak ikut berkembang dengan pesat, seperti mengisi gelas dengan air, menggambar, mewarnai dengan tidak keluar garis. Di usia 5 tahun anak telah memiliki kemampuan motorik yang bersifat komplek yaitu kemampuan untuk mengkombinasikan gerakan motorik dengan seimbang, seperti berlari sambil melompat dan mengendarai sepeda.

Ketika anak mampu melakkan suatu gerakan motorik, maka akan termotivasi untuk bergerak kepada motorik yang lebih luas lagi. Aktivitas fisiologis meningkat dengan tajam. Anak seakan-akan tidak mau berhenti melakukan aktivitas fisik, baik yang melibatkan motorik kasar maupun motorik halus. Pada saat mencapai kematangan untuk terlibat secara aktif dalam aktivitas fisik yang ditandai dengan kesiapan dan motivasi yang tinggi dan seiring dengan hal tersebut, orang tua dan guru perlu memberikan berbagai kesempatan dan pengalaman yang dapat meningkatkan keterampilan motorik anak secara optimal. Peluang-peluang ini tidak saja berbentuk membiarkan anak melakukan kegiatan fisik akan tetapi peru di dukung dengan berbagai fasilitas yang berguna bagi pengembangan keterampilan motorik kasar dan motorik halus.

Indicator penilaian gerak
*      Struktur Dasar gerakan
Struktur dasar gerakan adal;ah fase-fase gerak yang selalu ada dalam setiap pelaksanaan geran.Dalam struktur gerak ada fase awal, fase utama dan fase akhur. Fase awal disebut juga fase persiapan, yaitu persiapan terhadap segala persyaratan yang dibutuhkan untuk pemecahan tugas gerakan utama. Fase utama adalah pencapaian tujuan gerakan. Pada dasarnya fase utama merupan realisasi dari semua fase awal atau fase persiapan. Fase akhir adalah fase dimana dilakukan pengembalian seluruh keseimbangan tubuh setelah pelaksanaan gerakan dalam fase utama.

*      Irama Gerakan
Irama gerakan adalah ciri-ciri yang menggambarkan ketepatan antara pelaksanaan bagian-bagian gerak dengan dimensi ruang dan waktu yang diperlukan pada setiap gerakan.

*      Hubungan Gerakan
Hubungan gerakan merupakan salah satu ciri-ciri kooedinasi yang penting dan perlu dipahami oleh guru-guru penjas, karena hubungan gerakan merupakan salah satu dasar untuk penguasaan bentuk-bentuk keterampilan motorik olahraga. Hubungan gerakan adalah suatu proses transfer implus tenaga dari suatu bagian tubuh yang lain atau proses transfer implus dari alat gerak kealat gerak lain sehingga terjadinya hubungan gerakan.

*      Luas Gerakan
Luasa gerakan adalah luasnya ruangan atau lintasan yang terpakai dalam pelaksanaan suatu gerakan.

*      Kelancaran Gerakan
Kelancaran gerakan adalah suatu ciri-ciri yang menggambarkan kontinuitas dari jalannya suatu gerakan. Kelancaran gerakan juga disebut aliran gerakan. Untuk dapat melihat kelancaran gerakan maka indikator yang dapat diamati adalah kontinuitas jalannya gerakan, kecepatan gerakan.



*      Kecepatan Gerakan
Dalam pelaksanaan suatu gerakan kecepatan merupakan salah satu ciri-ciri koordinasi gerakan yang perlu diperhatikan. Hal ini disebabkan karena kecepatan sangat menentukan hasil yang ingin dicapai.

*      Ketepan dan Kekonstanan gerakan
Ketepatan dan kekonstanan gerakan sangat menentukan dalam pencapaian dalam pelaksanaan suatu gerakan. Ketepatan dapat dilihat dari dua arti, yaitu :ketepatan gerakan dalam artian proses dan ketepatan dalam artian produk.MEINEL (1977, hal : 180) mengartikan ketepatan sebagai kesatuan antara perencanaan gerakan dengan hasil yang diperoleh.

Ilustrasi
Motorik Halus anak aktif saat sedang menjahit

Motorik Kasar anak aktif saat sedang bermain Sepak Bola

 Sumber : Pembelajaranguru.wordpress.com
Share this article :

Post a Comment

 
Redaksi Galeri Penjas : Facebook | WR | Mas Template
Copyright © 2013. Galeri Penjas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger