Featured Post Today
print this page
Latest Post

Pantun Olahraga


PANTUN OLAHRAGA




Sedikit Pantun tentang olahraga, mohon maaf kalau agak sedikit memaksa.:D

  •  Buah kelapa diambil pak Harja, siapapun lawannya hadapi saja. 
  •  Rahmat membeli tali pancing, Selamat Bertanding.
  •  Raihan belajar jadi Khotib, Sama lawan harus Sportif
  •  Nikah dulu sebelum bersanding, Bismillah dulu sebelum bertanding


    (wr)

SALAH KAPRAH TENTANG LARI MARATON

SALAH KAPRAH TENTANG LARI MARATON



Kamu pernah mendengar kalau teman-teman kamu mau mengajak kamu lari pagi dengan sebutan Maraton yuk pagi minggu ? . Naaaahhhh... disini salahnya adalah Lari Maraton itu adalah salah satu nomor cabang lomba pada olahraga Atletik Sedangkan Lari pagi itu bisa juga dikatan sebagai Jogging. Yuk.. kita baca ulasannya tentang Maraton dan Joging !

MARATON.
Maraton adalah ajang lari jarak jauh sepanjang 42,195 km yang dapat ditempuh sebagai lomba di jalan raya maupun luar jalan raya, bukan dilintasan.. walaupun penyelenggaraannya pada pagi hari tidak bisa juga kita sebut kalo lari maraton itu sama dengan lari pagi. Nah, disini bisa kita lihat perbedaannya dari jaraknya dan acaranya... Jarak yang ditempuh pada lari maraton seperti yang disebutkan diatas lebih dari 1 kilometer, yang terjadi pada kamu yg yang menyebutkan lari maraton pagi itu "Dari rumah naik motor trus sampe taman/tujuan langsung lari-lari kecil sambil cuci mata. Lanjut lari maraton biasanya diikuti oleh banyak peserta bahkan sampe ribuan peserta. 

LARI MARATON

JOGGING.
Joging merupakan lari dalam kecepatan pelan atau santai tidak cepat, atau tidak mengejar kepada garis finish. Jogging merupakan salah satu bentuk olahraga murah meriah yang bisa kamu lakukan kapan saja dan dimana saja tanpa biaya yang begitu besar, paling tidak siapkan uang kecil untuk beli minuman setelah jogging. Selain itu jogging juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan menurunkan berat badan. Tapi, tunggu dulu joging juga ada efeksampingnya jika dilakukan secara tidak konsisten atau setengah-setengah. Misalnya setelah beberapa menit jogging kita stop untuk istirahat kemudian kita lanjut lagi untuk jogging. Artinya, joging hendaknya dilakukan secara perlahan dan tidak memaksakan, misalnya kamu melihat pasanganmu yang fisiknya kuat terus kamu ikut-ikutan padahal fisik kamu belum tentu sekuat pasanganmu, yang ada kamu malah kehabisan energi dan banyak sekali protein yang habis dimakan karena keltihanmu yang berlebihan.
JOGGING

Nah... itulah sekilas tentang penyebutan lari maraton dengan lari pagi yang jelas-jelas sudah benar-benar berbeda. Tetap Lari pagi ya.. biar tubuh kita sehat dan seimbang dengan aktifitas yang kita lakukan sehari-hari.

(WRS)

Susu Banyak Manfaat dan Tidak Bikin Gemuk.

SIAPA BILANG SUSU BIKIN GEMUK ? 

Perkembangan Gerak Tubuh Siswa

MOTORIK / GERAK TUBUH

  • Motorik Kasar : Siswa yang gemar bermain sepak bola, atau olahraga lainnya menandakan Motorik Kasarnya berfungsi dengan baik.
  • Motorik Halus : Siswa yang gemar menulis, menjahit, dan menggambar menandakan motorik halusnya berfungsi dengan baik.
Untuk penjelasan selanjutnya silahkan dibaca ya :D


Perkembangan Motorik Kasar dan Perkembangan Motorik Halus

Perkembangan Motorik Kasar dan Perkembangan Motorik Halus

  1. Perkembangan Motorik Kasar.
Tugas perkembangan jasmani berupa koordinasi gerakan tubuh, seperti berlari, berjinjit, melompat, bergantung, melempar dan menangkap,serta menjaga keseimbangan. Kegiatan ini diperlukan dalam meningkatkan keterampilan koordinasi gerakan motorik kasar. Pada anak usia 4 tahun, anak sangat menyenangi kegiatan fisik yang mengandung bahaya, seperti melompat dari tempat tinggi atau bergantung dengan kepala menggelantung ke bawah. Pada usia 5 atau 6 tahun keinginan untuk melakukan kegiatan berbahaya bertambah. Anak pada masa ini menyenangi kegiatan lomba, seperti balapan sepeda, balapan lari atau kegiatan lainnya yang mengandung bahaya.

  1. Perkembangan Gerakan Motorik Halus.
Perkembangan motorik halus anak taman kanak-kanak ditekankan pada koordinasi gerakan motorik halus dalam hal ini berkaitan dengan kegiatan meletakkan atau memegang suatu objek dengan menggunakan jari tangan. Pada usia 4 tahun koordinasi gerakan motorik halus anak sangat berkembang bahkan hampir sempurna. Walaupun demikian anak usia ini masih mengalami kesulitan dalam menyusun balok-balok menjadi suatu bangunan. Hal ini disebabkan oleh keinginan anak untuk meletakkan balok secara sempurna sehingga kadang-kadang meruntuhkan bangunan itu sendiri. Pada usia 5 atau 6 tahun koordinasi gerakan motorik halus berkembang pesat. Pada masa ini anak telah mampu mengkoordinasikan gerakan visual motorik, seperti mengkoordinasikan gerakan mata dengan tangan, lengan, dan tubuh secara bersamaan,antara lain dapat dilihat pada waktu anak menulis atau menggambar.



  1. Perkembangan Otak dan Susunan Syaraf Pusat.

Perkembangan otak manusia yang sangat pesat terjadi pada masa prenatal dan beberapa bulan setelah kelahiran pada masa sebelum kelahiran diperkirakan 250.000 sel-sel otak terbentuk setiap menit melalui proses pembelahan sel yang disebut mitosis. Setelah lahir sebagian besar sel-sel otak yang berjumlah 100 milyar terbentuk secara matang perkembangan yang dimulai dari atas yaitu kepala dan berlanjut secara teratur ke bagian bawah tubuh. Pada usia 4-5 tahun kepala anak hanyaberukuran seperlima dari ukuran tubuhnya dan pada usia 6 tahun kepada anak memiliki ukuran sepertujuh dari ukuran kepalanya. Pada usia 6 tahun anak telah memiliki proporsi tubuh yang akan mewarnai proporsi tubuhnya di masa dewasa. Secara normal bertambah tinggi badan selama masa kanak-kanak hanya sebanyak 2,5 inchi setahun dan berat badan secara normal hanya bertambah 2,5-3,5 kilogram setahun.

  1. Prinsip-prinsip Perkembangan Fisiologis Anak Usia Taman Kanak-kanak.
Prinsip utama perkembangan fisiologis anak usia dini adalah koordinasi gerakan motorik, baik motorik kasar maupun halus. Pada awal perkembangannya, gerakan motorik anak tidak terkoordinasi dengan baik. Seiring dengan kematangan dan pengalaman anak kemampuan motorik tersebut berkembang dari tidak terkoordinasi dengan baik menjadi terkoordinasi secara baik. Prinsip utama perkembangan motorik adalah kematangan, urutan, motivasi, pengalaman dan latihan atau praktek.

  1. Kematangan syaraf.
Pada waktu anak dilahirkan hanya memiliki otak seberat 2,5% dari berat otak orang dewasaSyaraf-syaraf yang ada di pusat susunan syaraf belum berkembang dan berfungsi sesuai perkembangannya. Sejalan dengan perkembangan fisik dan usia anak, syaraf-syaraf yang berfungsi mengontrol gerakan motorik mengalami prosesneurogical maturation.Pada anak usia 5 tahun syaraf-syaraf yang berfungsi mengontrol gerakan motorik sudah mencapai kematangannya dan menstimuasi berbagai kegiata motorik yang dilakukan anak secara luas. Otot besar yang mengontrol gerakan motorik kasar seperti berjalan,berlari, melompat dan berlutut, berkembang lebih cepat apabila dibandingkan dengan otot halus yang mengontrol kegiatan motorik halus, diantaranya menggunakan jari-jari tangan untuk menyusun puzzle, memegang gunting atau memegang pensil. Pada waktu bersamaan persepsi visual motorik anak ikut berkembang dengan pesat, seperti mengisi gelas dengan air, menggambar, mewarnai dengan tidak keluar garis. Di usia 5 tahun anak telah memiliki kemampuan motorik yang bersifat komplek yaitu kemampuan untuk mengkombinasikan gerakan motorik dengan seimbang, seperti berlari sambil melompat dan mengendarai sepeda.

Ketika anak mampu melakkan suatu gerakan motorik, maka akan termotivasi untuk bergerak kepada motorik yang lebih luas lagi. Aktivitas fisiologis meningkat dengan tajam. Anak seakan-akan tidak mau berhenti melakukan aktivitas fisik, baik yang melibatkan motorik kasar maupun motorik halus. Pada saat mencapai kematangan untuk terlibat secara aktif dalam aktivitas fisik yang ditandai dengan kesiapan dan motivasi yang tinggi dan seiring dengan hal tersebut, orang tua dan guru perlu memberikan berbagai kesempatan dan pengalaman yang dapat meningkatkan keterampilan motorik anak secara optimal. Peluang-peluang ini tidak saja berbentuk membiarkan anak melakukan kegiatan fisik akan tetapi peru di dukung dengan berbagai fasilitas yang berguna bagi pengembangan keterampilan motorik kasar dan motorik halus.

Indicator penilaian gerak
*      Struktur Dasar gerakan
Struktur dasar gerakan adal;ah fase-fase gerak yang selalu ada dalam setiap pelaksanaan geran.Dalam struktur gerak ada fase awal, fase utama dan fase akhur. Fase awal disebut juga fase persiapan, yaitu persiapan terhadap segala persyaratan yang dibutuhkan untuk pemecahan tugas gerakan utama. Fase utama adalah pencapaian tujuan gerakan. Pada dasarnya fase utama merupan realisasi dari semua fase awal atau fase persiapan. Fase akhir adalah fase dimana dilakukan pengembalian seluruh keseimbangan tubuh setelah pelaksanaan gerakan dalam fase utama.

*      Irama Gerakan
Irama gerakan adalah ciri-ciri yang menggambarkan ketepatan antara pelaksanaan bagian-bagian gerak dengan dimensi ruang dan waktu yang diperlukan pada setiap gerakan.

*      Hubungan Gerakan
Hubungan gerakan merupakan salah satu ciri-ciri kooedinasi yang penting dan perlu dipahami oleh guru-guru penjas, karena hubungan gerakan merupakan salah satu dasar untuk penguasaan bentuk-bentuk keterampilan motorik olahraga. Hubungan gerakan adalah suatu proses transfer implus tenaga dari suatu bagian tubuh yang lain atau proses transfer implus dari alat gerak kealat gerak lain sehingga terjadinya hubungan gerakan.

*      Luas Gerakan
Luasa gerakan adalah luasnya ruangan atau lintasan yang terpakai dalam pelaksanaan suatu gerakan.

*      Kelancaran Gerakan
Kelancaran gerakan adalah suatu ciri-ciri yang menggambarkan kontinuitas dari jalannya suatu gerakan. Kelancaran gerakan juga disebut aliran gerakan. Untuk dapat melihat kelancaran gerakan maka indikator yang dapat diamati adalah kontinuitas jalannya gerakan, kecepatan gerakan.



*      Kecepatan Gerakan
Dalam pelaksanaan suatu gerakan kecepatan merupakan salah satu ciri-ciri koordinasi gerakan yang perlu diperhatikan. Hal ini disebabkan karena kecepatan sangat menentukan hasil yang ingin dicapai.

*      Ketepan dan Kekonstanan gerakan
Ketepatan dan kekonstanan gerakan sangat menentukan dalam pencapaian dalam pelaksanaan suatu gerakan. Ketepatan dapat dilihat dari dua arti, yaitu :ketepatan gerakan dalam artian proses dan ketepatan dalam artian produk.MEINEL (1977, hal : 180) mengartikan ketepatan sebagai kesatuan antara perencanaan gerakan dengan hasil yang diperoleh.

Ilustrasi
Motorik Halus anak aktif saat sedang menjahit

Motorik Kasar anak aktif saat sedang bermain Sepak Bola

 Sumber : Pembelajaranguru.wordpress.com

Kombinasi Latihan Plyometric

MENGKOMBINASIKAN LATIHAN PLYOMETRIC

Latihan plyometrics menunjukan karakteristik kekuatan penuh dari kontraksi otot dengan respon yang sangat cepat, beban dinamis atau penguluran otot yang sangat rumit (Radeliffe and Farentinos, 1985). Ada dua bentuk latihan plyometric yang akan dibicarakan disini yaitu Depth Jump dan Hurdle Hops.


Depth Jump :
Adalah  bentuk latihan dimana siswa berdiri diatas Box setinggi 30cm atau lebih, dan kemudian siswa diperintahkan untuk turun ke lantai dengan cara menjatuhkan badan kelantai mendarat dengan dua kaki dengan gerakan kaki mengeper/Bouncing (lihat gambar).

Depth Jump

Hurdle Hops :
Hurdle Hop adalah bentuk gerakan melompati rintangan atau berupa gawang kecil setinggi lutut siswa atau lebih, yang berjumlah 6 samapi 10 buah tergantung dari modifikasinya. Siswa diperintahkan untuk melompati setiap rintangan secara perlahan-lahan dengan gerakan melompati dengan dua kaki dirapatkan (lihat gambar).
Hurdle Hops

Dari kedua macam latihan ini bisa kita gabungkan, Latihan Deph Jump dilanjutkan dengan latihan Hurdle Hops. Latihan ini bisa kita gunakan untuk latihan Lompat Jauh, Lari (untuk tumpuan langkah), Lompat Jangkit, dan Basket dengan Tinggi Box dan Rintangan Yang Dimodifikasi (Lihat Gambar).

Depth Jump dan Hurdle Hops

Tidak Rumit dan sangat simple tentunya dilatih sesuai dengan program yang diberikan kepada siswa. Selamat Mencoba

Sumber : (gambar - http://www.flashmavi.com/track_and_field _

Pembelajaran Tenis Meja (1)

MAKALAH TENIS MEJA



          Tenis meja, atau ping pong, adalah suatu olahraga Raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan. Di Republik Rakyat Cina, nama resmi olahraga ini ialah "bola ping pong" (Tionghoa:  Pinyin : pīngpāng qiú). Permainan ini menggunakan raket yang terbuat dari papan kayu yang dilapisi karet yang biasa disebut bat, sebuah bola pingpong dan lapangan permainan yang berbentuk meja.
        Induk Organisasi Tenis Meja Indonesia PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia), dan Induk Organisasi Tenis Meja Internasional adalah ITTF (International Table Tennis Federation).


  1. TEKNIK DASAR PERMAINAN TENIS MEJA :
a)      Teknik memegang bet(grip) :
Ø  Penholder grip/pegangan pena.
Cara melakukannya :
1)      Bagian depan gagang bet dipegang melingkar oleh ibu jari dan jari telunjuk. Ketiga jari lainnya menahan dibelakang gagang bet.
2)      Pegangan ini digunakan oleh pemain tipe menyerang dengan pukulan forehand drive yang merupakan satu-satunya andalan dalam pertandingan.
Ø  Shakehand grip/pegangan jabat tangan.
Cara melakukannya :
1)      Bagian depan gagang bet dipegang melinkar oleh ibu jari dan ketiga jari lainnya, jari telunjuk terpisah menahan dibelakang bet.
2)      Posisi bet berdiri mengarah kedepan dan kebelakang pemain.
  
b).  Teknik siap sedia(stance) :
Ø  Square Stance :
Posisi kaki menghadap penuh ke meja permainan.

Ø  Side Stance :
Posisi badan menyamping, salah satu kaki ditempatkan dibelakang dan didepan (Zig-Zag).

Ø  Open Stance :
Slah satu kaki didepan dan dibelakang seperti side stance. Stance bertujuan Backhand Block.

c).  Teknik Footwork dan Stroke :
Footwork atu langkah :
a).  Menggerakan kaki kanan kesamping kanan belakang satu lagkah.
b).  Menggerakan kaki kiri kesamping kiri belakang satu langkah.
c).  Menggerakan kaki kanan kesamping kanan depan satu langkah.
d). Menggerakan kaki kiri kesamping kiri depan satu langkah.

Footwork dua langkah :
a).  Menggerakan kaki kanan kesamping kanan belakang dua langkah.
b).  Menggerakan kaki kiri kesamping kiri belakang dua langkah.
c).  Menggerakan kaki kanan kesamping kanan dua langkah.
d). Memnggerakan kaki kiri kesamping kiri dua langkah.

  1. TEKNIK PUKULAN TENIS MEJA :
a)  Push               : Teknik memukul dengan cara mendorong.
                              :     Sikap bet terbuka.
b) Drive                : Teknik memukul dengancara menggerakan
                              :      bet dari bawah keserong atas. Sikap bet
                              :      tertutup.
c)  Block                : Teknik memukul mendrop bola atau
                              :      sebagai tindakan memberhentikan bola,
                              :      sikap bet tertutup.
d)  Chop                 : Teknik memukul denagn cara seperti
                              :      menebang atau gerakan membacok.
e) Service           : Teknik memukul untuk menempatkan bola
                              ::    pertama kedalam permainan. Service
                              :     harus diawali dengan melambungkan bola
                              :     sebelum bola tersebut dipukul. Bola harus
                              :     melewati atas net dan bola akan berada
                              :     didaerah lawan.

Ukuran Dan Bentuk Lapangan Tenis Meja



Sumber : Wikipedia Indonesia/TenisMeja

GAMES - MODIFIKASI LATIHAN OTOT DAN KEMAMPUAN BERFIKIR SISWA

PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN OLAHRAGA
Ini adalah Games yang menjurus kepada latihan fisik dan melatih kemampuan berfikir dan konsentrasi siswa, yang ditujukan untuk siswa Sekolah Dasar ataupun Sekolah Menengah Pertama, namun bisa juga anda Modifikasi untuk di Aplikasikan kepada Siswa Sekolah Menengah Atas. Games ini Murni dari hasil pemikiran saya , dimana didalamnya terdapat bentuk-bentuk latihan fisik untuk membentuk otot-otot pada organ tubuh Peserta Didik kita. Bagi para pembaca yang hendak mengaplikasikannya kepada Peserta Didiknya Silahkan Baca dan Ikuti Semua Aturan pada Games ini dan juga bisa anda Modifikasi agar lebih menarik. Berikut ulasannya ::


Pertama-tama Jelaskan dahulu kepada peserta didik Teori dibawah ini :


(Games) MODIFIKASI LATIHAN KONDISI FISIK
SD/SMP/SMA .......................
KOTA ..............

1.    Gayaku seperti SuperMan, Tanganku tidak kedepan tapi kebawah, Aku tidak terbang dilangit tapi diatas tanah,

Ø  Namaku adalah Latihan ____________
Ø  Aku dilatih untuk membentuk Otot __________ dan otot ___________
Ø  Lakukan latihan ini sebanyak yg kalian mampu, semakin banyak semakin tinggi poinnya. Tungu Aba-aba dari Pak Guru.

2.    Gayaku bukan gaya pocong, tanganku bertepuk saat diatas,
Ø  Lakukanlah latihan diatas selama 30 detik setelah aba-aba dari Pak Guru.
Ø  Jawablah pertanyaan dibawah ini sambil melakukan latihan diatas :
a.    1 : 6.756 = _______
b.    1 x 7.843 = _______
c.    Siapakah Nama Presiden INDONESIA Sekarang ?
d.    Sebutkan Nama Pemain Bulu Tangkis Indonesia Sebanyak Yang Kalian Tahu ?

3.    Aku bukan bola yang bolak-balik. Tapi aku orang yang bolak-balik tidak seperti keong.
Ø  Lakukan gerakan diatas selama 30 detik, setelah aba-aba dari Pak Guru.
4.    Aku bukan penjual bakso tapi aku didorong dengan bantuan teman, tangan sebagai rodaku.
Ø  Lakukan gerakan diatas secepat mungkin, semakin cepat semakin bagus poinnya.

5.    Carilah aku dan ambil, tetapi aku tidak bisa melihat untung saja ada temanku memberitahukannya akan tetapi angin diluar ribut sekali.

      Pada bagian ini tugas anda adalah Mencetak soal ini dan diberikan kepada peserta didik satu persatu. Selanjutnya peserta didik dipersilahkan untuk Mengisi soal yang ada dikertas dimana sebelumnya peserta didik membaca dahulu Kertas Cetakannya yang anda Tempelkan didinding sekolah atau ditempatkan dimana anda mengajarkan mater ex - Lapangan Sekolah.


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 1
  Gayaku seperti SuperMan, Tanganku tidak kedepan tapi kebawah, Aku tidak terbang dilangit tapi diatas tanah,

Ø Namaku adalah Latihan ____________
Ø Aku dilatih untuk membentuk Otot __________ dan otot ___________
Ø Lakukan latihan ini sebanyak yang kalian mampu, semakin banyak semakin tinggi poinnya. Tungu Aba-aba dari Pak Guru.
 -------------------------------------------------------------------------------------

2
Gayaku bukan gaya pocong, tanganku bertepuk saat diatas,

Ø   Lakukanlah latihan diatas selama 30 detik setelah aba-aba dari Pak Guru.
Ø   Jawablah pertanyaan dibawah ini sambil melakukan latihan diatas :
a. 1 : 6.756 = _______
b. 1 x 7.843 = _______
c. Siapakah Nama Presiden INDONESIA Sekarang ?
d.  Sebutkan Nama Pemain Bulu Tangkis Indonesia Sebanyak Yang Kalian Tahu ?
 -----------------------------------------------------------------------------------------
 3
Aku bukan bola yang bolak-balik. Tapi aku orang yang bolak-balik tidak seperti keong.

Ø  Lakukan gerakan diatas selama 30 detik, setelah aba-aba dari Pak Guru.


 ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 
4

Aku bukan penjual bakso tapi aku didorong dengan bantuan teman, tangan sebagai rodaku.

Ø  Lakukan gerakan diatas secepat mungkin, semakin cepat semakin bagus poinnya.
 ---------------------------------------------------------------------------------------------
5
Aku akan mengambil sebuah HARTA, tetapi aku tidak bisa melihat untung saja ada temanku MEMBERITAHUKANNYA akan tetapi angin diluar ribut sekali.

SEMOGA SAJA AKU BISA MENDAPATKANNYA.
Dalam waktu 1 Menit

-----------------------------------------------------------------------------------------

PADA BAGIAN PENUTUP SILAHKAN ANDA KOREKSI HASILNYA DAN BERIKAN PUJIAN DAN MOTIVASI KEPADA PESERTA DIDIK ANDA AGAR MEREKA LEBIH BERSEMANGAT DALAM MENGIKUTI PELAJARAN PENJASORKES.

BERIKUT ADALAH LEMBARAN JAWABAN YANG ANDA BERIKAN KEPADA PESERTA DIDIK UNTUK DI ISI DIKOREKSI.

(WRS)

 
Redaksi Galeri Penjas : Facebook | WR | Mas Template
Copyright © 2013. Galeri Penjas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger