Arti dan Lambang Logo KEMENTRIAN PEMUDA DAN OLAHRAGA

SALAM OLAHRAGA !

Apa kabar insan olahraga indonesia, semoga kita selalu dilimpahkan kesehatan yang banyak oleh Tuhan Yang Maha Esa, Aamiin . . . .

 Olahraga Indonesia tentu sangat banyak mulai dari Tradisonal, maupun Olahraga Internasional, dari kedua jenis olahraga ini tentunya dinaungi oleh satu Instansi Pemerintahan yaitu bernama  

"KEMENTRIAN PEMUDA DAN OLAHRAGA" 
 

Mari kita lihat sebenarnya apasih makna dari LOGO KEMENTRIAN PEMUDA DAN OLAHRAGA :

1.TANGAN MENGEPAL







Tangan Mengepal : Merupakan wujud Tekad, Semangat, Kokoh, Teguh, Kemauan kuat Pemuda untuk menjaga Negara Kesatuan Repubik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta Bhineka Tunggal Ika, Tiga pilar pada tangan mengepal mempunyai makna ketiga peristiwa sejarah yaitu: 
Kebangkitan Nasional 1908, 
Sumpah Pemuda 1928 dan 
Kemerdekaan Indonesia 1945 yang Pelaku utamanya adalah Pemuda.  
Warna Biru pada Tangan Mengepal mempunyai makna lambang/simbolik : Keliasan Pandangan dan Pikiran, Smart, Bergerak Maju, Inovatif dan Inspiratif, Kedewasaan, Kematangan, Penguasaan Ilmu Pengetahuan, dan Dinamis.
 

2.  API OBOR
 


 3. TIGA CINCIN WARNA MERAH






Tiga Cincin warna Merah melambangkan semangat Kesatupaduan untuk mengembangkan ruang lingkup bidang Olahraga : Olahraga Pendidikan, Olahraga Rekreasi dan Olahraga Prestasi serta Semangat untuk mengharumkan dan memperjuangkan kehormatan Bangsa Indonesia dan mendorong Keolahragaan Nasional yang bertujuan memelihara dan meningkatkan kesehatam dan kebugaran, prestasi, kualitas manusia, menanamkan nila moral dna akhlak mulia, sportivitas, disiplin, mempererat dna membina Persatuan dan Kesatua Bangsa, memperkukuh Ketahanan Nasional, serta mengangkat harkat dan martabat dan kehormatan bangsa


4. LINGKARAN OVAL MERAH PUTIH







Lingkaran oval : Lingkaran adalah bentuk bidang yang sempurna, ini menggambarkan bahwa Kementerian Pemuda dan Olahraga adalah Lembaga Negara yang Solid, Kokoh, Kuat, Smart, Bernurani, Berdedikasi Tinggi yang membidangi Pemuda dan Olahraga yang dilandasi oleh rasa cinta dan tanggungjawab demi bakti kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Warna Merah : mempunyai makna kekuatan, kemampuan, dan semangat yang tidak pernah pudar untuk terus memperjuangkan, mempertahankan, serta menumbuhkembangkan Potensi Pemuda dan semangat Olahraga Indonesia untuk terus mengukur prestasi dalam bidang-bidang pembangunan dan prestasi di bidang keolahragaan.

Warna Putih : mempunyai arti niat suci tulus ikhlas sebagai landasan pijak dalam semua gerak langkah Kemenpora untuk berkarya nyata dalam mengemba amanah Bangsa Indonesia untu menjadi Bangsa yang Besar, Bermartabat, Berbudaya dan Disegani di Dunia.


Nah, itulah arti dari logo/lambang Kementrian Pemuda dan Olahraga, untuk lebih jelas silhakan berkunjung ke Link berikut ini ya ➭ Website KEMENPORA
Share this article :

Post a Comment

 
Redaksi Galeri Penjas : Facebook | WR | Mas Template
Copyright © 2013. Galeri Penjas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger