Kebugaran Jasmani Untuk Karyawan Perusahaan

Physical Fitness/Kebugaran Jasmani
Ditulis dan Dipublikasikan Oleh : 
Dr. dr.  BM Wara Kushartanti
(Lektor UNY Jurusan Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi)



Nah bagi para karyawan di perusahaan atau kantor kantor yang ga sempet olahraga, ada bacaan bagus nih.

Physical Fitness Sering diterjemahkan dengan kebugaran jasmani dan didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk melakukan kerja sehari-hari secara efisien tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti sehingga masih dapat menikmati waktu luangnya. Kebugaran jasmani dikelompokkan kedalam tiga kelompok yakni:
  1. Kebugaran statis dalam arti kata keadaan seseorang yang bebas dari penyakit,
  2. Kebugaran dinamis dalam arti kemampuan untuk bekerja efisien yang tidak memerlukan keterampilan, misalnya berjalan, mengangkat, dll, dan 
  3. Kebugaran motoris dalam arti kemampuan untuk melakukan kerja dengan keterampilan tinggi dengan efisien.
Dari definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa orang sehat belum tentu bugar, sedangkan orang bugar semestinya sehat.
Status kebugaran dapat dinilai dari komponen kebugaran yang dikelompokkan menjadi dua golongan yaitu: 
  1. Komponen kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan, meliputi: daya tahan paru-jantung, kekuatan dan daya tahan otot, kelentukan, komposisi tubuh, dan 
  2. Komponen kebugaran yang berhubungan dengan keterampilan, meliputi: kecepatan, koordinasi, power, kelincahan, dan perasaan gerak.   
Karyawan perusahaan dituntut untuk minimal memiliki komponen kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan. 
Di perusahaan dengan pola kerja industrial, manusia akan memegang peran paling menentukan dalam seluruh sistem produksi. Disana manusia diharapkan dapat bekerja dengan memanfaatkan keterampilan dan pengetahuannya, dengan motivasi kerja yang tinggi dan dipandu oleh wawasannya yang mantap dan luas. Untuk menjaga agar pola kerja yang demikian dapat berjalan lancar, maka para pelakunya perlu memiliki kondisi fisik yang bugar dan kondisi psikologik yang stabil dan mantap.

Program kebugaran jasmani berperan besar dalam menjaga kondisi tersebut. Kehidupan bisnis modern menuntut stamina yang prima dari para pelakunya, karena mereka harus bekerja dengan ritme kerja yang cepat, jadwal ketat dan tidak teratur, perubahan rencana yang tidak terduga, dan jam kerja yang panjang. Situasi dan kondisi kerja semacam ini menimbulkan stres kerja yang mengakibatkan berbagai penyakit psikosomatis seperti tukak lambung, penyakit kardiovaskuler, dll. Penyakit tersebut membutuhkan waktu penyembuhan yang lama dan biaya yang tidak sedikit.
Selain itu penderita juga terpaksa tidak masuk kerja, sehingga kerugian ganda akan diderita oleh pihak perusahaan yaitu pemasukan berkurang dan pemgeluaran bertambah. Program kebugaran jasmani selain akan meningkatkan status kebugaran, juga akan menambah semangat kerja, mencegah berbagai penyakit , menghilangkan ketegangan, menambah rasa percaya diri, membentuk jiwa sportif, mengajarkan sikap sabar, gembira dan melatih konsentrasi.

MITOS YANG SERING TERJADI
Beberapa mitos yang sering maih ada di jajaran perusahaan:
Program kebugaran jasmani (olahraga) membutuhkan energi, bekerja membutuhkan energi, bagaimana mungkin program kebug aran jasmani akan mendudukung kerja?. Justru disinilah rahasiana olahraga. Tubuh manusia mempunyai kemampuan tinggi untuk menyesuaikan diri
(adaptasi) dengan beban yang ditimpakan kepadanya. Begitu selesai berolahraga, dayatahan tubuh memang turun, namun setelah pemulihan dayatahan tubuh akan naik lebih tinggi dari semula, sehingga dengan olahraga teratur, dayatahan tubuh akan naik secara bertahap (seperti tangga). Pada waktu bekerja otot tertentu digunakan lebih dominan daripada otot yang lain. Bila hal ini berlangsung terus menerus akan timbul ketidak seimbangan kekuatan dan kelentukan otot.

Baca Lebih Lengkap !  Klik Disini ya
Share this article :

Post a Comment

 
Redaksi Galeri Penjas : Facebook | WR | Mas Template
Copyright © 2013. Galeri Penjas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger