Kombinasi Latihan Plyometric

MENGKOMBINASIKAN LATIHAN PLYOMETRIC

Latihan plyometrics menunjukan karakteristik kekuatan penuh dari kontraksi otot dengan respon yang sangat cepat, beban dinamis atau penguluran otot yang sangat rumit (Radeliffe and Farentinos, 1985). Ada dua bentuk latihan plyometric yang akan dibicarakan disini yaitu Depth Jump dan Hurdle Hops.


Depth Jump :
Adalah  bentuk latihan dimana siswa berdiri diatas Box setinggi 30cm atau lebih, dan kemudian siswa diperintahkan untuk turun ke lantai dengan cara menjatuhkan badan kelantai mendarat dengan dua kaki dengan gerakan kaki mengeper/Bouncing (lihat gambar).

Depth Jump

Hurdle Hops :
Hurdle Hop adalah bentuk gerakan melompati rintangan atau berupa gawang kecil setinggi lutut siswa atau lebih, yang berjumlah 6 samapi 10 buah tergantung dari modifikasinya. Siswa diperintahkan untuk melompati setiap rintangan secara perlahan-lahan dengan gerakan melompati dengan dua kaki dirapatkan (lihat gambar).
Hurdle Hops

Dari kedua macam latihan ini bisa kita gabungkan, Latihan Deph Jump dilanjutkan dengan latihan Hurdle Hops. Latihan ini bisa kita gunakan untuk latihan Lompat Jauh, Lari (untuk tumpuan langkah), Lompat Jangkit, dan Basket dengan Tinggi Box dan Rintangan Yang Dimodifikasi (Lihat Gambar).

Depth Jump dan Hurdle Hops

Tidak Rumit dan sangat simple tentunya dilatih sesuai dengan program yang diberikan kepada siswa. Selamat Mencoba

Sumber : (gambar - http://www.flashmavi.com/track_and_field _
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

February 20, 2017 at 9:04 PM

nice

Post a Comment

 
Redaksi Galeri Penjas : Facebook | WR | Mas Template
Copyright © 2013. Galeri Penjas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger